Rabu 23 Nov 2022 16:34 WIB

Lima Daerah di Riau Ditetapkan Status Siaga Darurat Banjir

Bencana banjir telah terjadi di lima daerah itu dipicu intensitas hujan mulai tinggi.

Red: Agus raharjo
Jalan lintas Sumbar - Riau yang terputus akibat banjir (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Jalan lintas Sumbar - Riau yang terputus akibat banjir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--Kepala Bidang Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau, Jim Ghofur mengatakan sejumlah daerah di provinsi itu telah menetapkan status siaga darurat banjir. Daerah yang telah menetapkan status siaga banjir yaitu Pemerintah Kota Pekanbaru, Pemkab Kuansing, Pemkab Pelalawan, Kampar, dan Kabupaten Indragiri Hilir.

"Penetapan status siaga darurat banjir tersebut dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan daerah dalam menghadapi bencana alam, tanggap darurat dan meminimalisasi korban harta dan jiwa," kata Jim Ghofur dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, bencana banjir telah terjadi di lima daerah itu dipicu oleh intensitas hujan mulai tinggi. Penetapan status siaga darurat banjir itu terus menjadi bahan pembahasan pada tingkat Provinsi Riau.

Pada Rabu (23/11/2022) digelar rapat untuk melihat perkembangan situasi terkini. Mulai BMKG seperti apa dan sekaligus meminta laporan dari masing-masing pemerintah kabupaten Kota, dan organasasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya.

 

"Pemicu banjir selain curah hujan yang mulai tinggi, saat ini di wilayah pesisir Riau juga terjadi pasang laut. Namun demikian sejauh ini kondisi banjir di beberapa daerah yang terdampak seperti Siak, Bengkalis, sudah mulai surut," katanya.

Karenanya ia mengimbau, bagi warga yang berada di bantaran sungai agar tetap mewaspadai banjir dan melarang anak-anak mereka untuk mandi-mandi di sungai karena berpotensi bisa hanyut.

Sementara itu kelima daerah yang menetapkan status siaga banjir itu juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung dan personel untuk melakukan kegiatan tanggap darurat bencana dan evakuasi korban.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement