Kamis 03 Nov 2022 14:15 WIB

Beri Ruang untuk Berkreasi kepada Mantan Warga Binaan, Vision+ Ajak Buat Konten Kreatif

Tak jarang, dalam mencari pekerjaan, seringkali mereka tidak diterima.

Para mantan warga binaan diajak berkreasi konten.
Foto: Dok. Web
Para mantan warga binaan diajak berkreasi konten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Status sebagai mantan narapidana atau warga binaan kadang kerap membuat seseorang tak muda melebur kembali ke dalam kehidupan bermasyarakat. Tak jarang, dalam mencari pekerjaan, seringkali mereka tidak diterima karena ditakuti dan dianggap tak bisa dipercaya.

Untuk mendukung hilangnya stigma negatif ini, Vision+ dan MNC Peduli bekerjasama dengan Yayasan Anugerah Insan Residivist Bandung, mengajak para anggota yang terdiri dari mantan narapidana untuk mengikuti kegiatan CSR yang bertajuk “Content Creation 101: Maximize Your Smartphone”.

Didirikan oleh Heri Coet, Yayasan Anugerah Insan Residivist membantu komunitas mantan narapidana atau residivist yang kesulitan mencari pekerjaan. Di sana, mereka menjalankan dan mengurus berbagai bentuk bisnis mulai dari minimarket hingga bengkel.

Diisi oleh Gianluigi Christoikov selaku produser Vision+ originals 12 Hari, dan Cameo Project, Vision+ mengajarkan para residivist untuk membuat konten yang dihasilkan dari smartphone, untuk dapat menunjang kehidupan mereka dan memanfaatkan konten tersebut untuk menyebarkan perspektif lain kepada masyarakat tentang kehidupan mantan napi serta mengurangi stigma negatif yang ada.

Hal ini sejalan dengan kisah Vision+ originals 12 Hari yang membahas kehidupan mantan narapidana yang penuh ketidakadilan meski telah keluar dari penjara. Sebagai produser, Gianluigi Christoikov juga mengungkapkan bahwa kisah yang ada dalam 12 Hari banyak terjadi dalam realita kehidupan residivist.

Terkait kegiatan CSR tersebut, Clarissa Tanoesoedibjo selaku Managing Director Vision+ mengatakan, zelain memberikan hiburan yang menarik melalui original series Vision+ juga ingin memberikan aksi untuk turut andil dalam mengatasi isu stigma negatif terhadap mantan narapidana di masyakarat, seperti yang ada dalam kisah original series 12 Hari

"Kami berharap, para residivis bisa mempelajari berbagai cara kreatif untuk menjadi seorang content creator yang baik, dan dapat memberikan dampak yang besar bagi orang-orang di sekitarnya," kata dia, Rabu (2/11/2022).

"12 Hari sendiri kini sudah tayang dengan total 12 episode yang bisa disaksikan secara eksklusif di Vision+. Episode 1 dan 2 bisa disaksikan secara gratis, dan episode-episode selanjutnya bisa disaksikan dengan berlangganan Vision+," ujar dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement