Rabu 06 Jul 2022 23:37 WIB

Pelibatan Generasi Muda Melek Digital untuk Dongkrak Peningkatan UMKM 

Generasi muda melek digital perlu dilibatkan dalam memajukan UMKM

Ilustrasi umkm digital. Generasi muda melek digital perlu dilibatkan dalam memajukan UMKM
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Ilustrasi umkm digital. Generasi muda melek digital perlu dilibatkan dalam memajukan UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Salah satu cara agar transformasi digital UMKM dapat dipercepat adalah jika generasi muda yang menguasai teknologi dapat peduli dan masuk ke dalam ekosistem bisnis UMKM.  

“Generasi Muda harus mengambil peran dan melihat peluang dari Digitalisasi UMKM, UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak secara negatif oleh pandemi, namun dari sisi positifnya terdapat akselerasi pemanfaatan teknologi digital serta meningkatnya keterlibatan UMKM dalam pasar digital,” kata anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin, dalam Webinar Aptika Kominfo, Selasa (5/7/2022).  

Baca Juga

Menurutnya Dengan kemampuan teknologi yang dimiliki, generasi muda dapat memanfaatkan kemampuan teknologi tersebut untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan UMKM yang selama ini banyak dikelola secara tradisional dan konvensional.

“UMKM di ekonomi digital, dari total 65,47 juta unit UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM mencatat sudah 17,25juta pelaku UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem ekonomi digital pada februari 2022 atau sekitar 26,4 persen,” imbuh politisi Partai Golkar ini.  

Nurul juga menyampaikan bahwa yang perlu dilakukan generasi muda lakukan jika ingin memulai UMKM yaitu beralih pada marketplace atau e-commerce.

“Belanja online nyatanya saat ini menjadi pilihan favorit konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Sehingga para pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan bergabung dengan Tokopedia, Shopee, Bukalapak”, lanjut Nurul.

Dia menyebutkan hal kedua yang perlu anak-anak muda lakukan yakni menyusun strategi pemasaran digital, susun strategi pemasaran untuk memudahkan UMKM dalam memasarkan produk. 

“Beberapa strategi pemasaran yang bisa dimanfaatkan seperti digital ads, media sosial, dan aplikasi pesan instan. Memanfaaatkan layanan pesan antar, layanan pesan antar saat ini sangat digemari, terutama oleh pelaku UMKM sektor kuliner,” kata Nurul.        

UMKM Indonesia sebagai tulang punggung perekonomian indonesia, sudah sepantasnya UMKM melakukan transformasi dari bentuk bisnis tradisional menjadi digital untuk menyambut revolusi industri 4.0. generasi muda dapat mempercepat transformasi digital UMKM.

“Kami berharap dengan meningkatnya kepedulian generasi muda pada UMKM, semakin banyak bermunculan raksasa bisnis teknologi atau unicorn dari indonesia seperti Gojek, Tokopedia, dan lain-lain sehingga pada akhirnya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan umum bagi masyarakat Indonesia,” kata dia.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement