Kamis 19 May 2022 16:33 WIB

Lintas Atas Kopo Bandung Diuji Coba Selama Satu Pekan

Flyover Kopo di Bandung mulai diuji coba dilintasi kendaraan selama satu pekan.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Foto udara suasana area pembangunan Jembatan Layang (Flyover) Kopo di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (13/5/2022). Flyover Kopo di Bandung mulai diuji coba dilintasi kendaraan selama satu pekan.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Foto udara suasana area pembangunan Jembatan Layang (Flyover) Kopo di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (13/5/2022). Flyover Kopo di Bandung mulai diuji coba dilintasi kendaraan selama satu pekan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Lintas atas Kopo di Jalan Bypass Soekarno Hatta, Kota Bandung mulai diujicoba terhitung Kamis (19/5/2022) hingga satu pekan ke depan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kondisi jalan dan memastikan apakah terdapat kendala.

"Itu dalam rangka uji coba satu pekan dari Polsek Bojongloa Kidul," ujar Kabid Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara saat dikonfirmasi, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan uji coba lintas atas Kopo dilintasi kendaraan untuk dua arah yaitu kendaraan dari arah timur seperti dari Cibiru, Cileunyi menuju ke barat ke Bandung dan Cimahi dan sebaliknya kendaraan dari arah barat ke timur. "Dua arah (uji cobanya)," katanya.

Ia mengatakan uji coba lintas atas Kopo hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu dan tidak tiap hari. Ia mengatakan uji coba dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi friksi antara ban dengan jalan. Termasuk apabila kendaraan tengah berjalan menurun dari lintas atas mengalami kendala.

"Uji coba dalam rangka satu apakah friksi antara ban dengan jalan bagaimana. Dua bilamana ada turunan ada kendala gak," katanya.

Hasil uji coba, ia mengatakan belum diperoleh sebab masih berlangsung untuk satu pekan ke depan. Asep melanjutkan pembangunan lintas atas Kopo sudah mencapai 90 persen lebih dan hanya tersisa pemasangan penerangan jalan umum dan rambu-rambu.

Sebelumnya, lintas atas Kopo sempat diprediksi dapat dipakai pada momen Lebaran 1443 Hijriah kemarin. Namun perkiraan tersebut meleset sebab masih terdapat proses pembangunan yang masih dikerjakan oleh pengembang.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap keberadaan lintas atas Kopo dapat mengurangi kemacetan yang sering terjadi di Jalan Bypass Soekarno Hatta. Ke depan pihaknya tengah merencanakan pembangunan lintas atas di Kiaracondong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement