Kamis 27 Jan 2022 06:59 WIB

Sandiaga Dorong Peningkatan Peran Taman Rekreasi, Bangkitkan Ekonomi dan Lapangan Kerja

Taman rekreasi yang tersebar di berbagai daerah tanah air membuka lapangan kerja

Rep: dedy darmawan nasution/ Red: Hiru Muhammad
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno  mendorong peran dari taman rekreasi untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi sehingga dapat menggerakkan kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.
Foto: Dok Pemuda Hidayatullah
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong peran dari taman rekreasi untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi sehingga dapat menggerakkan kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong peran dari taman rekreasi untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi sehingga dapat menggerakkan kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja. 

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara Pelantikan Pengurus DPP Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (26/1/2022). 

Baca Juga

"Hari ini kita kukuhkan pengurus DPP PUTRI Periode 2021-2026. Ada semangat baru, optimisme baru. Tadi sudah disampaikan bahwa PUTRI siap bermitra dengan pemerintah untuk membangkitkan ekonomi," kata Sandiaga. 

Keberadaan taman rekreasi yang tersebar di berbagai daerah tanah air dikatakan Menparekraf Sandiaga memiliki peranan besar dalam membuka lapangan kerja. Kemenparekraf sendiri menargetkan ada peningkatan penciptaan lapangan kerja di tahun 2022 sebesar 20 hingga 25 persen. 

 

"Saya melihat puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu lapangan kerja yang dapat hadir dari kehadiran taman rekreasi. Oleh karena itu, adalah tugas pemerintah, Kemenparekraf untuk memastikan program-program kita yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu," katanya.

Salah satu kunci yang harus dapat dijalankan adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi. Kepatuhan dari taman rekreasi dalam penerapan protokol kesehatan akan sangat menumbuhkan kehadiran tren baru pariwisata yang customized, localiz, personalize, dan smaller in size.

Selain itu Taman Rekreasi juga harus memaksimalkan peranan ekonomi kreatif untuk dapat saling menunjang taman rekreasi sebagai destinasi wisata. 

Di dalam keanggotaan PUTRI juga terdapat desa wisata. Secara khusus, Menparekraf Sandiaga berpesan agar desa-desa wisata dapat memperkuat kapasitas dengan kemampuan _marketing_ yang baik.  "Karena tanpa bisa me-market diri, mereka tidak akan mungkin bisa meningkatkan kualitas serta keberlanjutan dari setiap destinasi," ujarnya. 

Ketua Umum DPP Putri, Hans Manansang, menjelaskan, PUTRI adalah organisasi yang menaungi objek-objek wisata atau desa wisata yang ada di Indonesia. Antara lain jenis destinasi desa wisata, rekreasi alam, rekreasi buatan atau theme park, permainan anak, wisata konservasi, wisata museum, serta wisata seni dan budaya. 

Dalam kepengurusan DPP PUTRI periode 2021-2026, Hans pengungkapan, ada empat hal yang akan menjadi fokus utama. Yakni, meningkatkan peran dan citra PUTRI untuk masyarakat; meningkatkan standar mutu anggota dengan pelatihan dan sertifikasi; serta memberikan nilai tambah anggota yang salah satunya dengan memberikan sistem digitalisasi dan juga perbaikan dari sistem manajemen kelola dari taman wisata. 

"Kita juga akan menguatkan sendi-sendi organisasi dengan mengembangkan DPP-DPC yang ada sehingga bisa menjadi mitra dan menjadi support bagi teman-teman anggota yang ada di daerah," kata Hans. 

PUTRI bersama pemerintah dikatakannya ingin bangkit bersama menuju wisata masa depan. Hal ini seiring dengan misi PUTRI untuk menginspirasi, mengembangkan, dan memajukan objek-objek wisata nasional sehingga menjadi kebanggaan dari negara dan menjadi tempat tujuan utama bagi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara seluruh dunia.  "Wisata adalah pemelihara kehidupan karena dapat mengentaskan kemiskinan dengan program kemasyarakatan, UMKM, maupun penyerapan tenaga kerja. Juga menjembatani perbedaan budaya dan dapat meningkatkan kualitas hidup," kata Hans. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement