Senin 08 Nov 2021 15:45 WIB

Pembangunan Halal Industrial Park Sidoarjo Terus Didukung

HIPS merupakan kawasan industri halal pertama di Indonesia.

Jajaran Direksi dan Komisaris Askrindo Syariah menyambangi kawasan Halal Industri Park Sidoarjo di Jawa Timur.
Foto: Dok. Ask
Jajaran Direksi dan Komisaris Askrindo Syariah menyambangi kawasan Halal Industri Park Sidoarjo di Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Keberadaan Halal Industrial Park Sidoarjo (HIPS), di Sidoarjo, Jawa Timur terus didukung. HIPS dinilai sebagai salah satu upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Untuk itu, jajaran Direksi dan Komisaris Askrindo Syariah melakukan kunjungan kerjanya ke sana.

Dalam kunjungannya, Komisaris Utama Askrindo Syariah Siti Ma’rifah, Komisaris, Bambang Hermanto, Direktur Utama, Soegiharto, Direktur Keuangan, Subagio Istiarno dan Direktur Pemasaran, Supardi Najamuddin disambut oleh Direktur Utama PT Makmur Berkah Amanda, Tbk. (AMAN), Adi Saputra Tedja Surya.

Siti Ma’rifah mendukung keberadaan HIPS, dan siap mendukung perkembangan industri halal di Indonesia."Pembangunan Kawasan Industri Halal Sidoarjo ini diharapkan menopang seluruh layanan yang berhubungan dengan kehalalan produk berada dalam satu atap atau one stop service, dan keberadaannya pun dapat disambut baik oleh masyarakat serta dapat mendukung UMKM dimana hal tersebut sejalan dengan misi Askrindo Syariah," ujarnya melalui siaran pers di Jakarta, Senin (8/11).

Ia melanjutkan, pengembangan kawasan tersebut merupakan bagian dari salah satu program yang dikembangkan pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Maka dari itu, kata dia, Askrindo syariah mendukung program pemerintah dalam hal  pengembangan ekosistem syariah. Khususnya, di sektor UMKM melalui penjaminan pembiayaan, Askrindo Syariah juga ingin memastikan agar pelaku UMKM dapat bertahan dan bangkit sehingga dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

"Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia sangat berpeluang mengambil kesempatan untuk mengembangkan industri halal. Dengan meningkatkannya industri halal maka akan banyak UMKM yang terbantu dan bisa berkembang kedepannya," kata dia.

Sementara itu, Dirut AMAN Adi Saputra Tedja Surya mengatakan, HIPS merupakan kawasan industri halal pertama di Indonesia yang dibangun di atas lahan seluas 148 ha, serta sudah menerapkan suistainable halal eco system.

“Dengan dukungan sistem, kami menyediakan halal economy office, halal labolatorium, halal logistic, dan lain-lain. Total tenan yang ada saat ini ada 400 tenan, diantaranya Bel Bel, Sariraya, PT Ekosjaya Abadi Lestari, dan yang lainnya,” kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement