Ahad 03 Oct 2021 10:11 WIB

4 Bahasa Asing Paling Banyak Dicari di Dunia Kerja

Bahasa asing yang banyak dicari di dunia kerja yang pertama ialah bahasa mandarin.

Penting sekali bagi genererasi muda agar dapat meningkatkan skill, salah satunya dengan mempelajari bahasa asing.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Penting sekali bagi genererasi muda agar dapat meningkatkan skill, salah satunya dengan mempelajari bahasa asing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bekerja di perusahaan multinasional, tentunya menjadi impian bagi banyak orang tak terkecuali oleh mahasiswa tingkat akhir. Dimana perusahaan tersebut, menggerakan bisnisnya di berbagai negara dengan jangkauan kerja internasional.

Maka, tak heran bila perusahaan multinasional menjadi banyak incaran bagi para pencari kerja. Pasalnya, selain mendapatkan gaji yang tinggi, perusahaan tersebut juga menawarkan kepada karyawannya yang berprestasi, mendapat tawaran bekerja di luar negeri.

Baca Juga

Oleh karena itu, penting sekali bagi genererasi muda agar dapat meningkatkan skill, salah satunya dengan mempelajari bahasa asing. Tak hanya bahasa inggris saja yang wajib dikuasai oleh semua kalangan, melainkan ada banyak bahasa asing yang harus dipelajari dan banyak dipakai.

Berikut ada empat bahasa asing yang perlu dikuasai oleh generasi milenial khsusnya para pencari kerja:

1. Bahasa Mandarin

Bahasa asing yang banyak dicari di dunia kerja yang pertama ialah bahasa mandarin. Bahasa mandarin banyak digunakan oleh sejumlah negara, seperti Singapura, Hongkong, Taiwan, Thailand, serta Malaysia. Kini bahasa mandarin di Indonesia sudah berkembang sangat pesat, sehingga bahasa mandarin kini dibutuhkan saat melamar pekerjaan di perusahaan.

Adapun keuntungan mempelajari bahasa mandarin yakni dapat menumbuhkan kedekatan emosional, sehingga bahasa tersebut akan memberikan nilai lebih bagi karyawan yang menguasai bahasa mandarin dibandingkan yang tidak menguasainya.

Beberapa kampus yang saat ini telah membuka program studi (prodi) bahasa mandarin dengan nilai akreditasi baik, diantaranya Universitas Bunda Mulia, Universitas Al-azhar Indonesia, dan Universitas Bina Nusantara.

2. Bahasa Jepang

Jepang merupakan negara  yang mimiliki kemajuan bisnis  yang sangat pesat, baik dari industri, teknologi hingga otomotif. Jika ingin terbuka di negara tersebut ataupun bekerja di perusahaan Jepang, akan lebih mudah menggunakan bahasa jepang sendiri.

Hal ini dikarenakan, negara tersebut sangat bangga terhadap bahasa kalbu mereka, sehingga para pebisnis di negeri sakura itu, tidak banyak yang menguasai bahasa inggris. Oleh karenanya, penting sekali untuk kamu yang akan bekerja di jepang agar mampu berbahasa Jepang dengan baik.

Untuk melatih skill dalam menguasai bahasa jepang, saat ini sudah ada beberapa kampus  terbaik yang telah membuka prodi Bahasa jepang, diantaranya Universitas Dharma Persada, Universitas Bina Nusantara, Universitas Bung Hatta, dan masih banyak yang lainnya.

3. Bahasa Arab

    

Selain bahasa mandarin dan jepang, bahasa arab juga menjadi bahasa yang harus dikuasai jika akan bekerja di wilayah timur tengah. Saat ini, bahasa tersebut sudah digunakan oleh 27 negara timur tengah salah satunya Dubai.

    

Dubai merupakan negara yang sektor bisnisnya sangat baik. Negara tersebut kini dipenuhi oleh gedung pencakar langit, serta banyaknya peluang pekerjaan disana. Oleh karenanya, bagi calon mahasiswa yang akan bekerja di Dubai, tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa arab guna menyelaraskan dengan penduduk yang ada di negara tersebut.

    

Adapun kampus yang membuka prodi bahasa arab diantaranya Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Muhammadiyah, dan Universitas Muslim Indonesia (UMI).

    

4. Bahasa Inggris

Bahasa inggris merupakan bahasa asing pertama yang paling banyak dicari di dunia kerja. Maka tak heran, bila bahasa inggris menjadi bahasa resmi di 60 negara dan menjadi bahasa universal nomor satu di Dunia.

Bicara tentang bahasa inggris, sudah banyak kalangan bahkan anak kecil yang fasih dalam menguasai bahasa inggris. Namun, tak jarang juga bagi para pelajar yang masih terbata-bata dalam mempelajari bahasa asing tersebut. Oleh karena itu, saat ini banyak kampus bermutu dan berkualitas yang membuka prodi bahasa inggris, salah satunya Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Universitas BSI menjadi salah satu kampus swasta terbaik yang membuka prodi bahasa inggis dengan jenjang perkuliahan Diploma III (D3). Selain prodi bahasa inggris, Kampus Universitas BSI juga membuka prodi sastra inggris dengan jenjang perkuliahan Sastra I (S1). Kedua prodi tersebut, menyandang nilai akreditasi yang sama dengan predikat Baik Sekali.

Bagi kamu yang tertarik dengan prodi bahasa inggris atau sastra inggris ada kabar menarik nih, bahwa Universitas BSI saat ini telah membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB). Pendaftaran tersebut sudah dibuka mulai tanggal 1 Oktober 2021 sampai dengan 1 Februari 2021 untuk gelombang pertama dengan jadwal masuk kuliah periode September 2022.

Saat ini, pendaftaran mahasiswa di Universitas BSI bisa melalui du acara. Hal tersebut, sebagai langkah kreatif kampus, dalam menjawab tantangan era digital. Pertama bisa melalui aplikasi PMB UBSI dan kedua bisa melalui website PMB UBSI melalui laman http://pendaftaran.bsi.ac.id/.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement