Selasa 21 Sep 2021 01:16 WIB

Jokowi: Pembangunan Rusun Pasar Rumput Permudah Aktivitas

Rusun yang dibangun sejak 2016 ini, dilengkapi dengan berbagai fasum dan fasos.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Pertamina
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rumah susun (rusun) Pasar Rumput di Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Senin (20/9). Rusun yang dibangun sejak 2016 ini, dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial yang diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas ekonomi.

"Keberadaan pasar dengan fasos (fasilitas sosial) dan fasum (fasilitas umum) yang lengkap ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti pedagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya,” ucap Jokowi saat peresmian.

 

photo
Suasana gedung Rusun Pasar Rumput di kawasan Manggarai, Jakarta. (Republika/Putra M. Akbar)

 

Jokowi juga menyampaikan, rusun yang dibangun dengan biaya Rp 970 miliar ini, didukung oleh jalur transportasi yang baik, sehingga dapat memudahkan mobilitas penghuninya. Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik, terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas.

Dia pun berharap, keberadaan rusun ini dapat meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan hunian yang nyaman, terjangkau, dan dapat memfasilitasi kegiatan produktif masyarakat.

"Saya berharap dengan beroperasinya rusun Pasar Rumput ini bisa membantu saudara-saudara kita untuk memiliki hunian yang layak dan nyaman dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi,” ujarnya.

Selain itu, rusun ini juga dapat menampung masyarakat yang terdampak program normalisasi Sungai Ciliwung untuk penanganan banjir. Rusun Pasar Rumput ini dibangun dengan konsep mixed-use development dan memiliki 1.984 unit hunian tipe 36 yang terdapat di lantai 4 sampai lantai 25.

Selain itu, pada lantai 1 rusun ini juga dibangun pasar dengan 318 kios dan 350 los, pada lantai 2 terdapat 649 kios, serta pada lantai 3 terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial. Dalam peresmian ini, Presiden turut didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement