Selasa 16 Mar 2021 05:38 WIB

UBSI Dukung Mahasiswa Ciptakan Karya Berbasis Inovasi

Peran tersebut terutama dilakukan oleh BSI Innovation Center (BIC).

BSI Innovation Center (BIC) selalu mendukung mahasiswa Universitas BSI meniptakan karya berbasis inovasi.
Foto: Dok UBSI
BSI Innovation Center (BIC) selalu mendukung mahasiswa Universitas BSI meniptakan karya berbasis inovasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kinerja inovasi perguruan tinggi merupakan salah satu faktor penting dalam penentuan klasifikasi perguruan tinggi. Contohnya, dukungan yang dilakukan oleh BSI Innovation Center dalam mendampingi mahasiswa menciptakan karya berbasis inovasi.

“Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melalui BSI Innovation Center (BIC) memberikan layanan pengembangan invensi dan pendampingan sehingga dapat tercipta produk inovasi yang bermanfaat bagi industri maupun masyarakat,” tutur Ketua BIC Universitas BSI, Kartika Handayani, Senin (8/3).

Kartika mengatakan, untuk memperkenalkan BIC kepada mahasiswa baru Universitas BSI, maka lembaga BIC mengadakan seminar tematik.

“Meski dalam kondisi pandemi, kegiatan tetap dilaksanakan, yakni secara daring menggunakan zoom cloud meeting. Tidak hanya memperkenalkan BIC, pada seminar tematik ini kami sampaikan pula tips dan trik untuk memulai membangun karya inovatif,” paparnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

BIC juga selalu menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang inovasi untuk memberikan materi dan membuka wawasan mahasiswa, dosen maupun alumni kampus Universitas BSI.

“Kami pernah menghadirkan CO-Founder dan Partner Innovesia, Yurry Razy untuk memaparkan materi design thinking pada webinar 14 Desember 2020 lalu. Pada webinar tersebut tema yang kami angkat yakni ‘Solusi Menciptakan Inovasi di Era New Normal’,” ujarnya.

Tidak hanya mengadakan seminar maupun webinar, BIC juga melakukan pendampingan kepada mahasiswa, dosen maupun alumni kampus Universitas BSI dalam pengembangan invensi maupun dalam lomba yang mengangkat tema inovasi.

“BIC berperan sebagai bagian yang mendampingi mahasiswa, dosen maupun alumni kampus Universitas BSI untuk mengembangkan maupun memulai invensi menjadi inovasi,” pungkasnya.

Ia menambahkan, tidak hanya itu, BIC juga mendampingi mahasiswa dalam lomba-lomba inovasi seperti ‘Lomba Inovasi Digital Mahasiswa’ sebelumnya. Dengan adanya pendampingan ini diharapkan banyak terciptanya alumni kampus Universitas BSI yang memiliki karya inovasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat maupun dunia industri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement