Selasa 19 Jan 2021 06:10 WIB

Hal Penting Diketahui Dalam Memilih Kuliah Kelas Karyawan

Kuliah kelas karyawan di UBSI bisa disesuaikan dengan jadwal kerja.

Kuliah kelas karyawan UBSI.
Foto: Dok UBSI
Kuliah kelas karyawan UBSI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuliah sambil bekerja atau sering disebut kuliah kelas karyawan bagi sebagian orang dianggap merepotkan. Mahasiswa dituntut untuk bisa membagi waktu antara berkuliah dan juga bekerja.

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) merupakan salah satu kampus yang membuka program kelas karyawan. Saat ini kampus UBSI masih membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) kelas karyawan gelombang ketiga sejak 6 Januari 2021 hingga 2 Februari 2021 untuk kuliah Maret 2021.

“Walaupun terkesan sulit, namun masih banyak lulusan terbaik di kelas karyawan. Jika kalian memiliki motivasi yang tinggi dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas diri maka semua akan terasa mudah,” tutur Achmad Baroqah Pohan, Kepala Bagian Marketing & Communication (Marcom) kampus UBSI, Senin (18/1).

Ia menjelaskan,  sebelum mulai kuliah di kelas karyawan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kuliah kelas karyawan.  Yang pertama yakni perhatikan jadwal kuliah yang akan diambil. 

“Kegiatan kuliah kelas karyawan di kampus UBSI diadakan pada malam hari, selepas jam kerja. Ada pula kelas hari Sabtu dan Ahad,”   ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (18/1).

Karena adanya beberapa pilihan ini, harus pastikan jadwal yang sesuai dengan jadwal kerja. Jangan sampai, jadwal yang dipilih bentrok dengan kegiatan bekerja.

“Jika kamu sering mendapatkan pekerjaan hingga lembur, maka pilihlah waktu berkuliah di hari Sabtu dan Ahad. Jika kamu tidak memiliki pekerjaan yang membuatmu lembur, maka kamu bisa memilih waktu kuliah di hari Senin-Kamis selepas jam kerja atau sore hingga malam hari,” katanya.

Hal kedua yang perlu diperhatikan yakni memilih jurusan kuliah yang tepat. “Misalnya kamu pada saat ini bekerja di suatu perusahaan dan kamu bekerja sebagai penyiar. Agar kamu dapat memahami pekerjaanmu lebih mendalam, kamu bisa mengikuti program kuliah karyawan jurusan penyiaran atau broadcasting di kampus UBSI,” ujarnya.

Achmad menyebutkan, ada tiga Fakultas kampus UBSI yang dibuka untuk kelas karyawan priode kuliah Maret 2021. Pertama, Fakultas Teknik & Informatika (FTI) dengan Program Studi (Prodi) Teknologi Informasi (S1) dan Sistem Informasi (S1 & D3).

Kedua, Fakultas Komunikasi & Bahasa (FKB) dengan Prodi Ilmu Komunikasi (S1) dan Penyiaran/Broadcasting (D3). Ketiga, Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) dengan Prodi Manajemen (S1).

Hal terakhir, lanjutnya menjelaskan, yang harus diperhatikan adalah biaya perkuliahannya. Kampus UBSI bekerja sama dengan Pintek untuk memudahkan calon mahasiswa dalam melakukan pembayaran kuliah dengan cara dicicil mulai dari 600 ribuan per bulan.

“Kampus UBSI sebagai kampus yang selalu up to date tentang perkembangan teknologi menerapkan pembayaran kuliah secara host to host & akurat melalui Bank BCA, Permata & Mandiri, Indomaret, Alfamart dan Pintek,” tandas Achmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement