Kamis 12 Nov 2020 19:59 WIB

Deteksi Dini Penting untuk Cegah Penularan Covid-19

Dideteksi dini, pengidap Covid-19 bisa hindarkan dirinya dari risiko kesehatan berat.

Warga menjalani tes usap atau swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Senin (2/11/2020). Tes usap merupakan bentuk deteksi dini Covid-19.
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Warga menjalani tes usap atau swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Senin (2/11/2020). Tes usap merupakan bentuk deteksi dini Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penasihat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk peningkatan testing dan tracing Monica Nirmala mengungkapkan pentingnya deteksi dini Covid-19. Pemilik gelar Master Kesehatan Masyarakat dari Harvard of University ini menjelaskan, deteksi dini dapat mencegah penularan Covid-19 kepada orang lain.

"Dengan kita tahu lebih awal, dengan deteksi dini ini, maka kita jadi bisa juga menghindari atau mencegah penularan atau kita menularkan ke orang lain," kata dia dalam diskusi virtual Optimisme Masyarakat Terhadap 3T (Tracing, Testing, Treatment) di Jakarta, Kamis.

Baca Juga

Monica menuturkan, deteksi dini penting untuk mendorong pengidap Covid-19 mendapat perawatan yang lebih cepat. Dengan begitu, pengidap Covid-19 bisa mencegah risiko kesehatan yang lebih berat.

"Testing itu sendiri berbicara tentang deteksi dini dari Covid-19. Jadi kenapa deteksi dini itu penting karena dengan kita tahu lebih awal bahwa kita ada Covid-19 maka kita bisa ditangani secara lebih cepat juga, jadi tidak menunggu parah baru berobat," ujarnya.

Monica mengatakan 3T, yakni tracing (pelacakan kontak erat), testing (pendeteksian), dan treatment (pengobatan) sama pentingnya dengan 3M (memakai masker, menjaga jarak dari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir). Masyarakat juga harus memahami dan terlibat dalam implementasi 3T.

Menurut Monica, 3T berbicara tentang memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada orang-orang di sekitar untuk waspada terkait Covid-19 dan penularannya. Selain itu, 3T menjadi bagian dari upaya memutus rantai penularan Covid-19 di masyarakat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement