Selasa 23 Jun 2020 13:50 WIB

Senator: DKI Berada di Jalur yang Tepat Hadapi Pandemi Covid

Upaya Pemprov DKI mengendalikan Covid-19 penuh inisiatif dan terobosan. 

Rep: Ali Mansur / Red: Agus Yulianto
Fahira Idris
Foto: ANTARA FOTO
Fahira Idris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senator DKI Jakarta Fahira Idris menganggap, saat ini, Jakarta dengan kebijakannya dengan berjalan di jalur yang tepat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Maka, menurutnya, tema “Jakarta Tangguh” yang diangkat pada HUT DKI Jakarta ke-493 ini sangat tepat 

“Menurut saya, dengan ketepatan dan kecepatan kebijakan yang ditopang kolaborasi warganya, Jakarta saat ini berjalan di jalur yang tepat dalam menghadapi dan menanggulangi pandemi ini," ujar Anggota DPD RI ini dalam siaran persnya, Selasa (23/6).

Fahira berharap, momentum HUT ke-493 ini lahirkan energi dan semangat baru bagi warga Jakarta untuk terus tangguh menghadapi Covid-19. Jakarta yang tangguh terwujud karena kedisiplinan dan kepatuhan warga baik selama di rumah maupun saat beraktivitas dan para pelaku usaha dalam menjalankan protokol kesehatan. 

"Selama obat dan vaksin belum ditemukan, warga Jakarta tanpa terkecuali harus terbiasa beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang saat ini menjadi satu-satu jalan mencegah penularan virus," tambahnya.

Dikatakan Fahira, kesungguhan Jakarta dalam mengendalikan Covid-19 salah satunya dapat dilihat dari agresifnya jumlah pemeriksaan diiringi pelacakan (tracing) yang saat ini. Bahkan, lebih tinggi daripada pemeriksaan Covid-19 di Thailand dan Jepang karena sudah menembus angka 18.000 per satu juta penduduk. 

Selama pemberlakuan PSBB transisi, tidak terjadi peningkatan indeks penularan di Jakarta atau transmisi dapat dikendalikan. Selain itu, kata  angka kematian di Jakarta juga rendah yang menunjukkan bahwa kesiapan fasilitas kesehatan sangat baik.

Kata dia, upaya dan kerja-kerja Pemprov DKI Jakarta dalam mengendalikan Covid-19 selain penuh inisiatif dan terobosan juga terukur dan komprehensif. Semua upaya ini jika dipadukan dengan kedisiplinan warga, 

"Maka, kemungkinan besar transmisi penularan Covid-19 bukan hanya dapat dikendalikan tetapi bisa turun drastis bahkan bisa nol kasus sehingga tidak perlu lagi memperpanjang penerapan PSBB. Insya Allah pandemi ini dapat kita lalui dengan baik,” tutup Fahira. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement